ORGANISASI DAN ARSITEKTUR PROSESOR INTEL I SERIES



Intel Corporation (NASDAQ: INTC; didirikan 1968) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya.

Dalam arsitektur prosesr intel mengeluarkan beberapa seri prosesor salah satunya adalah i series yang dibuat dari tahun 2008 sampai dengan sekarang. Nehalem, Sandy Bridge, Ivy Bridge, Haswell, Broadwell, Skylake, Kaby Lake Merupakan seri arsitektur 'Core™ i Series prosesor, yang menggantikan prosesor seri sebelumnya yaitu 'Core 2' Prosesor. Jenis 'Core™' prosesor memilik seri seperti Core i3, Core i5, Core i7. Sedangkan seri 'Core 2' prosesor adalah Core 2 Solo, Core 2 Duo, Core 2 Quad, Core 2 Extreme.

Tidak seperti 'Core 2 Prosesor' di mana setiap seri memiliki nilai spesifikasi, contoh: Core 2 Duo E8400 berarti prosesor tersebut memiliki 2 inti prosesor E8400, Core 2 Quad Q9550 yang berarti bahwa prosesor tersebut emiliki 4 inti prosesor Q9550. jumlah inti prosesor mengikuti namanya. Seperti Solo artinya satu, Duo artinya dua, Quad artinya 4 dan sedangkan Extreme untuk seri Overclocker yang memilik 4 inti.

 Sedangkan penamaan seri 'Core™' tidak memiliki nilai teknis. setiap nama model hanya mengindikasikan tingkat pasar dimana Core i3 untuk pasar Low-Range, Core i5 untuk pasar Mid-Range dan Core i7 untuk pasar High-Range. jadi nila i3, i5, i7 untuk tingkatan pasar bukan nilai teknis atau spesifikasi prosesor.

Nehalem Generasi Pertama Core™











Prosesor ini pertama meluncur tahun 2008 untuk seri Core i7  dengan fabrikasi 45nm, membawa fitur Hyper-Treading, memperkecil ukuran memory Cache L2 tetapi memperbesar memory Cache L3.
Dibandingkan dengan Arsitektur sebelumnya berikut adalah kelebihan intel nehalem:
  • ·       Kinerja lebih baik. Singlethread 20% - 100%, Multitread 10% - 25% dengan konsumsi daya yang        sama.
  • ·        Lebih hemat energy hingga 30%.
  • ·        Peningkatan Clock hingga 20%.


Sandy-Bridge Generasi kedua Core™









Pertama meluncur January 2011 dengan fabrikasi 32nm.
Dibandingkan dengan Arsitektur sebelumnya Nehalem memiliki kelebihan:
  • ·         Kinerja 11% lebih baik.
  • ·         Kinerja Grafis lebih Baik.



Ivy-Bridge Generasi Ketiga Core™








Pertama meluncur tahun 2013, dengan fabrikasi 22nm dan teknologi finFET 3d transistor. Ivy-Bridge kompatibel dengan motherboard yang suport Sandy-Bridge tetapi beberapa sistem memerlukan update firmware bios.

Dibandingkan dengan Arsitektur sebelumnya Sandy-Bridge:
  • ·         Lebih hemat energi hingga 50%.
  • ·         Peningkatan kinerja CPU hingga 6%.
  • ·         Peningkata kinerja GPU terintegerasi hingga 68%.


Kelemahan:
·         Dalam keadan Overclock Ivy-Bridge lebih panas 10c dari Sandy-Bridge.

Haswell Generasi Keempat Core™








Meluncur pada tanggal 4 juni 2013 dengan fabrikasi 22nm. prosesor ini mengoptimalkan konsumsi daya rendah dengan teknologi finFet 3d transistor.

Dibandingkan dengan Arsitektur sebelumnya Ivi-Bridge:
·         8% lebih baik mengolah tipe data Vektor
·          Kinerja Singletread 6% lebih baik.
·         Kinerja Multitread 6% lebih baik.
·         Kinerja GPU terintegerasi 20% lebih baik. 
·         Rata2 kinerja 3% lebih baik .
·         15c lebih panas.

Broadwell Generasi Kelima Core™








Dengan fabrikasi 14nm dengan prinsip tik-tok, tidak ada pasar Low-end untuk prosesor yang satu ini.
Dibandingkan dengan Arsitektur sebelumnya Haswell:
·         Kinerja CPU 5% lebih baik.
·         Kinerja GPU terintegerasi 20% lebih baik.

Skylake Generasi Keenam Core™











Tersedia pada 5 Agustus 2015 dengan fabrikasi 14nm. Intel Skylake dibangun dengan teknologi fabrikasi yang sama dengan prosesor generasi sebelumnya, Intel Broadwell, yaitu 14 nm. Meski demikian, Intel menyematkan teknologi mikroarsitektur terbaru pada Skylake yang membuat kinerjanya jauh lebih baik dan efisien.

Intel Skylake dibangun dengan teknologi fabrikasi yang sama dengan prosesor generasi sebelumnya, Intel Broadwell, yaitu 14 nm. Meski demikian, Intel menyematkan teknologi mikroarsitektur terbaru pada Skylake yang membuat kinerjanya jauh lebih baik dan efisien.

intel skylake dibangun dengan teknologi fabrikasi yang sama dengan broadwell yaitu 14nm. meski demikian intel menyematkan teknologi mikroarsitektur terbaru pada skylake yang membuat kinerjanya lebih efisien.

Kelebihan Intel Skylake disbanding sebelumnya:

- Lebih hemat konsumsi daya
Konsumsi daya SoC (System on Chip) pada Intel Skylake diklaim menurun sampai 60% dibandingkan sebelumnya. Selain itu, TDP prosesornya juga sedikit lebih rendah, yakni 45W. Bandingkan dengan Intel Broadwell yang mempunyai TDP 47W. Walaupun secara angka terlihat hanya mengalami sedikit penurunan, namun ini sangatlah berarti dari sudut pandang efisiensi daya. Dalam setiap pengembangan prosesor barunya Intel memang selalu beusaha untuk menaikkan performa, tetapi juga membuat konsumsi daya yang semakin hemat dari sebelumnya. 

- Peningkatan performa GPU
Grafis terintegrasi pada Skylake, yakni Intel HD Graphic terbaru diklaim bisa menghadirkan performa 50% lebih baik dibandingkan dengan GPU terintegrasi yang tersemat pada prosesor Broadwell. Sebab GPU ini dibuat menggunakan teknologi GT4e yang merupakan penerus dari GT3e, teknologi grafis yang terdapat pada prosesor Intel Broadwell. Tersematnya 72 executions unit dan memori 128MB eDRAM dalam Intel HD Graphic Skylake juga menjadi salah satu alasan mengapa performanya mengalami peningkatan siginifikan dibanding dengan teknologi  pada Broadwell. 

- Penggunaan socket dan chipset baru 
Pada generasi sebelumnya, prosesor Haswell dan Broadwell memiliki jenis socket yang sama. Broadwell dan Haswell menggunakan socket jenis LGA1150. Tetapi socket LGA1150 sudah tidak bisa lagi diterapkan ke Intel Skylake. Pasalnya Intel Skylake menggunakan socket baru yaitu LGA1151. Hal ini pun juga ikut berpengaruh pada chipset yang digunakan. Chipset H81, Q85, B85, Q87, H87, Z87, H97, dan Z97 sudah tidak digunakan lagi di generasi Skylake. Seri chipset itu akan digantikan dengan H110, Q150, B150, Q170, H170, dan Z170.

- Dukungan teknologi terbaru 
Intel Skylake memiliki dukungan penuh terhadap port USB 3.0 yang lebih banyak lagi. Intel Skylake juga mendukung jalur PCIe dan SATA yang lebih banyak. Tentu saja, chipset Intel Skylake juga optimal untuk mendukung  overclocking prosesor.

- Mendukung untuk DDR4 
Intel Skylake kelas atas, yaitu Intel Core i7 6700K dan Core i5 6600K. Kedua prosesor tersebut akan menggunakan Intel HD Grpahic 5000series dengan besar TDP 95 Watt. Seri Core i7 6700K akan mengusung prosesor 4 core dengan 8 trheads dengan kecepatan 4 Ghz dan turbo boost clock 4,2GHz. Sementara Core i5 6600K mengusung 4 core dengan 4 threads berkecepatan 3,5 Ghz dan boost turbo 3,5/3,9 Ghz. Kedua prosesor tersebut mendapat dukungan unlocked dan mendukung sepenuhnya DDR4 dan juga PCI Express 4.0. Tentu ini akan mendongkrak performa ke level yang lebih tinggi.

- Prosesor dengan 28 core 
Tentu saja ini hal yang cukup mengejutkan. Prosesor dengan 28 core tersebut akan diberi nama Intel Skylake Purley dengan seri Xeon X5 dan X7. Dari seri yang terungkap tersebut, sudah jelas rupanya prosesor ini adalah prosesor khusus digunakan untuk komputer server dan perusahaan besar. 

Kaby Lake Generasi Ketujuh Core™











Kaby Lake akan mendukung secara default USB 3.1 yang kecepatannya dapat mencapai 10 Gbps. Jika anda menggunakan prosesor non Kaby Lake, anda perlu menginstal chip tambahan di komputer anda. Kemudian Kaby Lake juga mendukung HDCP 2.2 (High-Bandwidth Digital Copy Protection). HDCP ini berperan dalam memberikan proteksi terhadap data digital seperti musik dan video yang anda dapatkan dari iTunes maupun dari tempat lannya.

Dan yang paling menarik adalah Kaby Lake akan mendukung sebuah media penyimpanan baru yaitu Optane Storage, hasil kolaborasi dari Intel dan Micron. Optane Storage menawarkan kecepatan hingga 7x lebih cepat dari SSD saat ini. Hal yang membuat peyimpanan ini lebih cepat yaitu karena adanya teknologi 3D Xpoint. Untuk urusan grafis, tentu saja Intel tidak melupakannya. Dengan konten 4K yang semakin sering kita gunakan, Intel akan mendukung konten HVEC, dimana Kaby Lake mampu mengunakan 2 layar monitor yang masing-masing memiliki resolusi 4K.

Dengan prosesor generasi baru, pastinya ada peningkatan performa bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Intel mengklaim bahwa Kaby Lake meningkatkan responsifitas sebesar 12% hingga 18%. Dari grafik diatas, Intel membandingkan prosesor Intel Core m7-6Y75 dengan Intel Core i7-7Y75.

Kemudian untuk urusan produktivitas, ada peningkatan sebanyak 12%. Dan untuk performa dalam browsing internet, ada peningkatan sebanyak 19%. Perbandingan yang Intel lakukan berdasarkan dari prosesor Intel Core i7-6500U dengan Intel Core i7-7500U. Perlu diingat bahwa semua hasil ini diklaim oleh Intel. Mengingat Kaby Lake belum ada di pasaran, silahkan ambil informasi ini sebagai referensi singkat saja dan tidak percaya 100% sebelum ada hasil benchmark yang dilakukan oleh pihak lain.



 Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Intel_Corporation

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FLOWCHART / DIAGRAM ALIR TEMPAT SAMPAH PINTAR BERBASIS ARDUINO UNO

Rangkaian modulator FM

RANGKAIAN DEMODULATOR FM