Teknologi Informasi dan Multimedia #1
Pengertian Multimedia
Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan
koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia
juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
Konsep Dasar
Multimedia
Seperti yang telah disebutkan pada artikel
sebelumnya (Pengertian Multimedia),
multimedia adalah penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa
teks, gambar, suara, animasi , atau bahkan video untuk ditampilkan untuk
pengguna komputer . Ada dua jenis multimedia yaitu multimedia linear
(tetap) dan multimedia interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia
interaktif, pengguna diberikan fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan
elemen-elemen multimedia yang tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia
tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh
pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Contoh
mudah multimedia linear adalah media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak
terjadi suatu interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan objek
multimedia yang dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada game dan
aplikasi dari komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar multimedia
dapat berubah sesuai keinginan. Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang
merancang dan membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.
Pemanfaatan
Multimedia
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia
digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk,
bahkan sebagai media kios
informasi dan pelatihan dalam
sistem e-learning.
Multimedia Untuk Pembelajaran
Multimedia telah mengalami perkembangan konsep sejalan
dengan berkembangnya teknologi pembelajaran. Ketika teknologi komputer belum
dikenal, konsep multimedia sudah dikenal yakni dengan mengintegrasikan berbagai
unsur media, seperti: cetak, kaset audio, video dan slide suara. Unsur-unsur
tersebut dikemas dan dikombinasikan untuk menyampaikan suatu topik materi
pelajaran tertentu. Pada konsep ini, setiap unsur media dianggap mempunyai
kekuatan dan kelemahan. Kekuatan salah satu unsur media dimanfaatkan untuk
mengatasi kelemahan media lainnya. Misalnya, penjelasan yang tidak cukup
disampaikan dengan teks tertulis seperti cara mengucapkan sesuatu, maka dibantu
oleh media audio. Demikian juga materi yang perlu visualisasi dan gerak, maka
dibantu dengan video.
Multimedia untuk aplikasi umum
Dengan
perkembangan teknologi yang semakin maju Multimedia semakin memiliki banyak
manfaat dan dapat diaplikasikan diberbagai bidang. Untuk membuat suatu aplikasi
Multimedia maka diperlukan bahasa pemrogaman, bahasa pemograman yang digunakan
dalam aplikasi multimedia ini meliputi Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi,
SQL, Visual Basic, dan Java. Selanjutnya bahasa pemograman ini dibangun disuatu
sistem operasi seperti DOS (Disc Operating System),
Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau
Mac OS dan terbentuklah suatu aplikasi multimedia sesuai manfaat dan
kegunaannya dalam berbagai bidang.
Definisi
mengenai “aplikasi Multimedia” itu sendiri adalah “sebuah aplikasi yang dapat
masing-masing berdiri sendiri sehingga aplikasi tersebut dihentikan pada suatu
saat secara acak dan tetap memberikan informasi yang dibutuhkan yang merupakan
bagian atau unit terkecil dari keseluruhan aplikasi. Aplikasi interaktif
memberikan banyak pilihan kepada audience untuk memilih sendiri informasi yang
diinginkan, dan dari mana akan dimulai serta diakhiri, ataukah hanya sebagian
saja dari keseluruhan informasi yang dibutuhkan”
Aplikasi Multimedia dalam berbagai bidang diantaranya
:
A. Aplikasi Multimedia untuk keunggulan bersaing di
perusahaan
Aplikasi multimedia perusahaan di berbagai bidang antara lain sumber daya manusia,
produksi/operasi, akuntansi dan keuangan, sistem informasi dan pemasaran.
B. Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
Multimedia
merupakan media pelatihan yang baik dan menarik yang dikenal dengan istilah
Computer Based Training (CBT).
Misalnya peusahaan Intall Shield membuat perangkat lunak
multimedia yang khususkan untuk training.
Aplikasi yang lainmisalnya rekrutmen karyawan, seperti yang dilakukan oleh
L’OREAL.
C. Aplikasi dalam Bidang Produksi
Penggunaan aplikasi
ini digunakan untuk merancang dan merakayasa suatu produk misalnya alat-alat
elektronik dan mesin bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol
proses produksi dan berkembang menuju ke sistem manufaktur terintegrasi
berbasisi multimedia.
D. Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan
Bidang pelayanan
keuangan meliputi pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan,
sumber pinjaman dan perbankan. Contohnya adalah situs SmartMoney.com.
E. Aplikasi dalam Bidang Sistem Informasi
Aplikasi dalam bidang ini misalnya aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA), aplikasi Sistem
Informasi Manajemen (SIM), aplikasi Decision Support System (DSS) dan aplikasi Executive
Information System (EIS).
F. Aplikasi Otomatisasi Kantor
Dua aplikasi yang digunakan untuk area otomatisasi kantor yaitu workgroup computing
yang memungkinkan beberapa orang untuk memakai komputer yang sama pada saat
bersamaan pula Pesert diskusi melihat tampilan bersama yang meliputi
rangkaian media lengkap, termasuk fotigraf dan vide bergerak. Aplikasi yang
kedua adalah Desktop Video Conferencing yang memungkinkan peserta melakukan
konferensi video sambil duduk di meja masing-masing dengan menggunakan
layar CP ata televisi yang tehubung.
G. Aplikasi dalam Bidang Pemasaran
Penerapan multimedia
dalam bidang ini
tertuju kepada aktivitas
pemasaran, khususnya aktivitas promosi yang meliputi
periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan,
public realtion dan penjualan langsung termasuk penjualan
melalui jaringan internet. Contoh dari aplikasi ini adalah:
•
Periklanan televisi
•
Interactive Multimedia Merchandising
(cara perusahaan untuk
menjangkau dan melayani
pelanggan)
•
Merchandising Kiosk
•
Video Kiosk
•
Virtual Shopping
•
Comparison Shopping
•
Mass Market
Application
H. Aplikasi Multimedia di Bidang Travel
Apliaksi berbasis Web
digunakan sebagai penerapan layanan perjalanan yang di dalamnya termasuk
informasi biaya perjalanan, travel news, fitur paket liburan, dan
pemesanan online untuk lodging dan transportasi melalui darat, laut dan udara.
I.
Aplikasi Multimedia dalam
Bidang Real Estate
Multimedia komputer
memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya, melihat
foto rumah on-screen, memeriksa perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan
mempelajari demografi sekeliling rumah.
J. Aplikasi Multimedia dalam Bidang Kesehatan
Dalam bidang
kesehatan, multimedia dapat
mendukung pelayanan dan fasilitas
sistem kesehatan, ilmu kesehatan,
kantor pendidikan medis, perpustakaan ilmu
kesehatan dan fotografi
medis serta pelayanan produksi
median..
K. Aplikasi Multimedia dalam Bidang Hiburan
Dalam bidang hiburan
multimedia digunakan dalam film, musik, radio interaktif, televisi interaktif,
game elektronik.
L. Aplikasi Multimedia dalam Bidang Publishing
Banyak informasi yang dapat dipublikasikan secara elektronik melalui dokumentasi elektronik
misalnya penyajian buku yang setiap materinya dapat terdiri dari grafik,
animasi, audio dan video.
M. Aplikasi Multimedia dalam Bidang Pendidikan
Aplikasi multimedia
pendidikan antara lain sebagai perangkat lunak pengajaran, memberikan fasilitas
untuk mahasiswa atau siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari multimedia,
belajar jarak jauh dan pemasaran pendidikan.
N. Aplikasi Multimedia dalam Pemerintahan
Aplikasi multimedia
yang paling menonjol dalam bidang kepemerintahan adalah E-Government, Profil
Departemen dan Kios Informasi tentang Kota.
O. Presentasi bisnis
Multimedia digunakan
sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis
ataupun gagasan ke audien.
P. Pelatihan berbasis komputer (CBD/Computer Based
Training)
Multimedia digunakan
untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian
visual. Contoh, CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji
busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membesihkan busi yang
dapat divisualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi dites juga
diperdengarkan.
Q. Kios interaktif
Kios adalah tempat
informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum (misalnya mall atau
universitas). Pemakai dapat berinteraksi dengan layar sentuh untuk mempermudah
dalam mencari informasi.
R. Telekonferensi
Multimedia digunakan
untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan
kemasing-masing komputer pemakai.
Internet
Based
Internet Based adalah suatu sistem atau
proses yang menghubungkan penguna internet dengan berbagai macam sumber
pengetahuan yang saling berinteraksi baik secara synchronous maupun
asynchronous berbasis teknologi informasi dengan antarmuka web.
Web adalah sebuah penyebaran informasi
melalui internet. Sebenarnya antara www (world wide web) dengan web adalah sama
karena kebanyakan orang menyingkat www mencadi web saja. Web merupakan hal yang
tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai
internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya
berupa keks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, filem, animasi dan
lain-lain. Web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di
beberapa komputer server yang berada diseluruh penjuru dunia dan terhubung
menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.
PERANGKAT KERAS
Perangkat keras
adalah Peralatan antar muka grafis untuk pemakai yang sudah merupakan dasar
dari pengguna komputer grafis diseluruh dunia, yang kemudian sekarang digunakan
untuk membuat dan membangun aplikasi multimedia.
Komputer PC yang
digunakan untuk membuat dan membangun aplikasi multimedia digolongkan dengan
MPC (Multimedia Personal Computer). MPC tidak harus terdiri dari unit komputer
saja, tetapi mempunyai standar spesifikasi terendah yaitu : MPC Level 1 dan MPC
Level 2. Standar ini ditetapkan oleh Multimedia PC Marketing Council yang
berkedudukan di Washington, USA.
MPC Level 1 mempunayi standar computer dengan :
–
Mikroprosesor 386 SX
–
RAM minimal 2 MB
–
Harddisk 30 MB
–
CD-ROM Drive
–
VGA Video (16 warna)
–
Sound Card
–
Speaker atau Headphones
–
Keyboard dan Mouse
Spesifikasi terendah
Level 1 ini memang tidak secara penuh mendukung pembuatan aplikasi multimedia.
MPC Level 2 dengan
standar spesifikasi terendah dikeluarkan tahun 1993. Walaupun spesifikasi
terendah ini berasal dari MPC Level 2, tetapi tidak disarankan untuk menjadi
sistem konfigurasi secara penuh.
Spesifikasi umum dari MPC Level 2 adalah :
–
CPU dengan prosesor 486 SX
–
Memori 4 MB
–
SVGA dengan 256 warna
–
Harddisk 160 MB
–
CD-ROM Drive
–
Sound Card 16 bit
–
Speaker atau Headphones
–
Keyboard dan Mouse
Dalam pembuatan suatu aplikasi multimedia, semakin
baik alat-alat pendukungnya, maka semakin baik pula aplikasi multimedia yang
dapat dibuat.
Video Board/ Video
Graphic Adapter (VGA)
VGA adalah perangkat
komputer yang berfungsi menampilkan gambar pada layar monitor VGA, singkatan
dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang
dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. VGA berguna untuk
menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau
bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Standar
VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA
justru digantikan oleh Super VGA.
Cara Kerja:
VGA juga sering
digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun
pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan
keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan
video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang
terkenal antara lain ATI dan nVidia. Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada
konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal
video analog ke monitor.
Sound Card
Kartu
suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk
mengeluarkan suara dan merekam suara.Pada awalnya,
Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer.Namun sekarang,
sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer.
§
Sound Card Onboard
adalah sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
§
Sound Card Offboard
adalah sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard.
Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
§
Soundcard External
adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port
eksternal, seperti USB atau FireWire.
Cara kerja sound card :
mengeluarkan suara:
Suara dari sound
card, data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound
card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah
signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter : Konversi digital
ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian
sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
merekam suara:
Ketika merekam suara
lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC
( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal
analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam
format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi
menjadi bentuk lain seperti mp3.
Compact Disk Read
Only Memory adalah salah satu terobosan yang cukup penting dalam dunai
komputerisasi, walaupun hanya dapat ditulis sekali dan dibaca berulang-ulang,
akan tetapi daya simpan yang cukup tinggi sekitar 650 MB sangat membantu
sebagai tempat penyimpanan data.
Cara Kerja:
CD-ROM
menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke
merekam discs, baik CD-R disc, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang
dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali. CD-RW drive yang digunakan untuk
membuat CD audio, yang dapat diputar di hampir semua player, atau data discs,
yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.
Scanner
Scanner adalah suatu
alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy
hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya
ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan
dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat
disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Cara Kerja :
Cahaya yang dipancarkan lampu ke gambar akan segera
dipantulkan, kemudian pantulan yang dihasilkan akan dibaca oleh sejumlah cermin
menuju lensa scanner. Cahaya pantulan tersebut akhirnya akn sampai kesensor
CCD. Sensor CCD akan mengukur intensitas cahaya dan panjang gelombang yang
dipantulkan dan merubahnya menjadi tegangan listrik analog. Tegangan analog
tersebut akan diubah menjadi nilai digital oleh alat pengubah ADC (Analog to
Digital). Sinyal digital akan dikiim ke papan logic dan dikirmkan kembali
kekomputer dalam bentuk data digital yang menunjukkan titik-titik gambar yang
dipantulkan.
PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak atau
Software membantu pengguna komputer untuk memberitahukan apa yang harus
dilakukan komputer. Perangkat lunak digunakan untuk membuat elemen-elemen
multimedia seperti teks, gambar, suara, video dan animasi. Elemen-elemen
tersebut dapat dihasilkan dari hasil imajinasi dalam pemakaian perangkat lunak
pada komputer.
Video Streaming
Video Streaming
adalah sebuah komunikasi yang dilakukan melalui broadcast akses internet untuk
menghasilkan sebuah gambar. Contohnya: Yahoo Messenger, Skype, YouTube, atau
yang sejenisnya.
Cara Kerja :
Mengalirkan sebuah
data video dari suatu transmitter ke sebuah atau beberapa komputer yang
berfungsi sebagai receiver. Jadi receiver menerima video tersebut secara real
time dan receiver tidak dapat mengulang stream yang didapatnya. Video streaming
biasanya digunakan pada kelas virtual atau konferensi video. Tapi tidak menutup
kemungkinan juga video streaming dilakukan untuk mentransmit suatu video clip
ataupun film ke client yang menjadi receiver.
VOIP (Voice Over
Internet Protocol)
Voice over Internet
Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital
Phone) adalah teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan
komunikasi suara jarak jauh secara langsung.Sinyal suara analog, seperti yang
anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan
dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.
Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan
telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa.
Cara Kerja :
Teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak
jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan
dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat
sirkuit analog telepon biasa.
Video VOIP
Video profesional
over IP sistem menggunakan beberapa codec video standar yang ada untuk
mengurangi materi program ke bitstream (misalnya, aliran transportasi MPEG),
dan kemudian menggunakan Internet Protocol (IP) jaringan untuk membawa bahwa
bitstream dikemas dalam aliran paket IP . Hal ini biasanya dilakukan dengan
menggunakan beberapa varian dari protokol RTP. Tercatat video profesional
melalui jaringan IP memiliki tantangan khusus dibandingkan dengan sebagian
besar lalu lintas IP non-waktu-kritis. Banyak masalah ini mirip dengan yang
ditemukan pada voice over IP, tetapi untuk tingkat yang lebih tinggi dari
persyaratan teknik. Secara khusus, ada kualitas yang sangat ketat persyaratan
layanan yang harus dipenuhi untuk digunakan dalam lingkungan siaran
profesional.
Cara Kerja:
§
IP-enabled set-top
box dikendalikan oleh platform middleware yang duduk di headend.
§
Untuk linear video IP
MPEG, paket yang dikemas dalam IP untuk transmisi di jaringan. Video
disampaikan melalui model kabel sistem terminasi Cisco (CMTS), bukan quadrature
amplitude modulasi (QAM).
§
DOCSIS 3.0 teknologi
memungkinkan layanan video maju dengan memberikan IP video interaktif ke rumah.
ENCODER
Encoder adalah
rangkaian yang berfungsi untuk mengkodekan data input menjadi data bilangan
dengan format tertentu.Encoder dalam rangkaian digital adalah rangkaian
kombinasi gerbang digital yang memiliki input banyak dalam bentuk line input
dan memiliki output sedikit dalam format bilangan biner. Encoder akan
mengkodekan setiap jalur input yang aktif menjadi kode bilangan biner. Dalam
teori digital banyak ditemukan istilah Encoder seperti “Desimal to BCDEncoder”
yang berarti rangkaian digital yang berfungsi untuk mengkodekan line input
dengan jumlah line input desimal (0-9) menjadi kode bilangan biner 4 bit BCD
(Binary Coded Decimal). Atau “8 line to 3 line Encoder” yang berarti rangkaian
Encoder dengan input 8 line dan output 3 line (3 bit BCD).
Cara Kerja:
Mengubah sinyal seperti data atau bitstream ke dalam
bentuk yang dapat diterima untuk transmisi data atau penyimpanan data. Umumnya
ini dilakukan melalui suatu algoritma tertentu, terutama jika ada bagian yang
berupa digital.
MPEG-2 & MPEG-4
MPEG-2 adalah
penentuan untuk sekelompok koding dan kompresi untuk audio dan video, yang
disetujui oleh MPEG dan diterbitkan sebagai standar internasional ISO/IEC
13818. MPEG-2 biasanya digunakan untuk encode audio dan video untuk sinyal
broadcast, termasuk satelit broadcast langsung dan televisi kabel. MPEG-2
dengan beberapa modifikasi juga format coding yang digunakan dalam film DVD
komersial. Menggunakan MPEG2 perlu membayar biaya lisensi kepada pemegang paten
melalui MPEG Licensing Association.
MPEG-4, diperkenalkan
pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup koding standar audio dan
video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts
Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet
(streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast.
Cara Kerja:
MPEG-4 berbasis MPEG-1 dan MPEG-2, tetapi ada tambahan fitur seperti dukungan VRML untuk rendering 3D, files komposit berorientasi objek (termasuk audio, video dan virtual reality modelling), dukungan untuk DRM dan berbagai macam interaktivitas . Kontainer untuk kandungan MPEG-4 adalah MP4.
Sumber :
Panduan Pembuatan Multimedia Pembelajaran; Depdiknas, 2007
Pramono, Gatot. Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran. Pusat
Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Departemen Pendidikan
Nasional, 2008
https://ignasiusmicko.wordpress.com/2016/04/05/perangkat-media-pembuatan-aplikasi-multimedia/
http://carapedia.com/pengertian_definisi_web_info2043.html
http://www.carakata.info/2012/08/pengertian-internet-dan-sejarah-internet.html
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/LBM@006-331-Bab%202.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
Komentar
Posting Komentar